In August 2017, We Did It!

Apa Kabar Generasi Hijau?

Seperti biasa setiap bulannya kami dengan senang hati berbagi informasi tentang apa saja yang sudah kami lalui selama satu bulan ke belakang. Agustus 2017 begitu cepat, dan berikut ini cerita, pencapaian, dan kegiatan yang sudah kami laksanakan.

Petualangan Banyu Bersama HSBC Indonesia

Program Petualangan Banyu merupakan program kepada anak-anak yang mengkombinasikan edukasi, kreatifitas dan kepedulian lingkungan. Fokus kepedulian lingkungan dari program tahun ini yakni isu persampahan dengan menggunakan paket film dan modul bertajuk “Petualangan Banyu di Negeri Sampah” yang dapat dipergunakan dalam Pendidikan Lingkungan Hidup.

Penerima Manfaat Program Petualangan Banyu

Dalam pelaksanaan program Petualangan Banyu bersama HSBC Indonesia selama September 2016 hingga berakhir pada Agustus 2017, jumlah penerima manfaat yang terdiri dari guru dan siswa/siswi direncanakan sebanyak 1.000 orang dari tujuh sekolah. Angka tersebut telah tercapai melebihi target dengan partisipasi guru dan siswa/i sebanyak 1.021 orang dari awal hingga akhir penutupan program pada 5 Agustus 2017 lalu, yang dalam pelaksanaannya dibantu oleh rekan-rekan dari Saung Palakali.

 

Berikut ini adalah data Sekolah Penerima Manfaat Program Petualangan Banyu bersama HSBC Indonesia, diantaranya: Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT ) Miftahul Ulum, Depok, Jawa Barat, Sekolah Citra Alam, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, SDN  Tanah Baru 1, Depok, Jawa Barat, SDN Patrakomala, Bandung, Jawa Barat, SMPN 70, Jakarta Pusat, SD Prima Sakinah Islamic School, Bekasi, Jawa Barat, dan SMP Islam Plus Assa’adatain, Depok, Jawa Barat.

“Samsi dan Kotak Daur Ulang”

Program tahun ini juga menghasilkan paket film dan modul lanjutan bertajuk “Samsi dan Kotak Daur Ulang” sebagai bentuk pengembangan proses edukasi, penanaman kreatifitas dan kesadaran lingkungan hidup kepada anak-anak. Film-film yang sudah kami kembangkan bisa juga diakses di situs www.petualanganbanyu.com.

Manajamen Sampah Untuk Kawasan Rumah Tangga

Manajemen Sampah Untuk Kawasan Rumah Tangga atau MASUK RT merupakan program yang dilaksanakan Greeneration dari tahun 2009 dengan tujuan untuk membentuk partisipasi, swadaya, dan kemandirian masyarakat dalam sistem pengelolaan persampahan.

Selama Agustus 2017, terdapat 259 orang ibu-ibu di sekitar kawasan Jakarta dan Tangerang yang mendapatkan pelatihan Manajemen Sampah Untuk Kawasan Rumah Tangga ini. Dari 259 orang ibu-ibu tersebut diantaranya terdiri dari 16 orang mendapatkan Pelatihan Berkebun dan 243 orang lainnya mendapatkan materi Pelatihan Manajemen Persampahan.

Kegiatan Lainnya Selama Agustus 2017

Pendampingan AIESEC
di Kelurahaan Maleer, Bandung

Greeneration melakukan pendampingan sekaligus menjadi fasilitator dalam kunjungan peserta AIESEC Bandung dari Jerman di Kelurahan Maleer, Bandung, bersama Tim Kawasan Bebas Sampah. Dalam kegiatan ini mereka berkenalan dengan pengelolaan sampah organik yang dikembangkan masyarakat.

Sosialisasi Pariwisata Berkelanjutan

Pariwisata adalah salah satu sektor yang harus mendapatkan perhatian yang sangat serius dari berbagai aspek, termasuk salah satu nya dilihat dari segi pengelolaan lingkungan. Sosialisasi ini adalah awal dari berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan oleh greeneration dalam sektor pariwisata berkelanjutan.

Spread the News

Share to Social Media

Share on twitter
Share on facebook
Share on linkedin
Share on pinterest

Support Organization

Support Specific Program

Berlangganan

* Diperlukan