Rewind Greeneration Foundation 2018

Greeneration Foundation Rewind 2018

Hai Generasi Hijau, selamat menyambut tahun baru 2019 !!!
Di momen yang spesial ini kami mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh Generasi Hijau yang terus mendukung Greeneration Foundation, khususnya selama tahun 2018. Ada banyak pencapaian yang kami lakukan di satu tahun kebelakang, semuanya dapat terwujud juga tidak luput berkat dukungan Anda. Berikut adalah beberapa capaian kami selama 2018, tidak dapat kami sampaikan semuanya, namun semoga mewakili rasa terima kasih dari Tim Greeneration Foundation.

 

Salam,
Greeneration Foundation

HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL 2018

     Dalam momentum Hari Peduli Sampah Nasional #PESAN 2018 telah dilakukan gerakan masif di berbagai daerah pada tanggal 17-25 Februari 2018 dan melakukan penandatanganan Aspirasi baik secara online maupun offline, yang ditujukan kepada Bapak Presiden RI untuk penegakan hukum persampahan dan perbaikan sistem pengelolaan sampah di Indonesia. Lokasi kegiatan #PESAN2018 dilakukan serentak di 33 Provinsi di Indonesia selama tanggal 17-25 Februari  2018.

     Sebagai suatu bentuk resolusi pergerakan, tahun ini kami mengumpulkan Penggalangan Aspirasi Publik secara masal melalui Petisi Nasional di change.org/AspirasiBebasSampah , diharapkan penggalangan aspirasi publik ini mampu menyuarakan seluruh aspirasi masyarakat termasuk seluruh penggiat persampahan yang bergerak untuk mendorong terwujudnya Penegakan Hukum/Peraturan Persampahan menuju Indonesia yang Bersih dan Bebas Sampah 2020.

CIVIL SOCIETY FORUM

     Civil Society Forum (CSF) adalah bagian dari rangkaian kegiatan International Zero Waste City Conference (IZWCC) 2018 yang merupakan konferensi yang melibatkan para pemangku kepentingan di bidang persampahan, dengan menghadirkan berbagai narasumber, baik dari dalam maupun luar negeri.

 

     Pada kegiatan yang dilakukan pada 4-6 Maret 2018 di Bandung ini dilakukan beberapa aktivitas seperti; Seminar, Forum Diskusi/ FGD, Site Visit kawasan percontohan,dan beberbagai aktivitas lainnya.

 

     Kegiatan ini diikuti oleh 67 Peserta yang terpilih dari 159 yang pendaftar . Mereka terdiri dari perwakilan Kota/Provinsi yan sat itu mewakili 32 Kota dari 15 Provinsi.

 

     Seluruh peserta berkesempatan berdiskusi dengan narasumber baik lokal maupun International seperti GAIA India, ICEL, Mother Earth Foundation, Association of Penang Zero Waste School, T20 India dan Eco Waste Coalition Philippine.

CIRCULAR ECONOMY FORUM

     The 2nd Indonesia Circular Economy Forum 2018 sebagai bagian dari perhelatan Indo Waste Expo & Forum yang kedua berhasil digelar di Grand City Convention & Exhibition Center, Surabaya, pada 28 s.d 30 Juli 2018, dengan menghadirkan berbagai pemangku kepentingan sebagai narasumber dan 169 peserta yang datang sebagai representaif dari berbagai stakeholder, mulai dari pemerintah, swasta, akademisi, entrepreneur, media dan komunitas, serta menghadirkan 33 orang narasumer baik nasional maupun internasional.

     Kegiatan yang dilaksanakan oleh Waste4Change dan Greeneration Foundation ini berkolaborasi dengan Kedutaan Besar Denmark untuk Indonesia dan PRAISE dengan mengusung tema besar  “Redefining Waste Management: from Trash to Resources Management” dan mengangkat tiga topik utama yaitu:

  1. 1. Visi Indonesia dalam pengelolaan persampahan yang mengarah pada circular economy melalui Jakstranas 2018 – 2025.
  2. 2. Penanggulangan sampah plastik dan marine debris di Indonesia.
  3. 3. Aplikasi teknis yang sudah dilakukan Indonesia dalam mencapai circular economy.

#SOCMED4SOCGOOD WORKSHOP

     Tahun 2018 merupakan tahun ke-3 rangkaian workshop Social Media for Social Good atau #SocMed4SocGood diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan progam kolaborasi antara Greeneration Foundation bersama Kedutaan Amerika di Jakarta.

 

     Selama tahun 2018 kegiatan ini berhasil dilaksanakan di lima kota berbeda, diantaranya di Banjarmasin pada 10 Februari, Bangka Belitung pada 28 April, Ambon pada 7 Juli, Medan pada 29 September, dan Ternate pada 1 Desember 2018 dengan total partisipan sebanyak 655 orang.

JAMBORE INDONESIA BERSIH & BEBAS SAMPAH

     Jambore Indonesia Bersih dan Bebas Sampah merupakan bagian dari usaha jangka panjang yang menjadi wadah berkumpulnya seluruh PENGGERAK yang PEDULI terhadap persoalan sampah di Indonesia demi tercapainya PENGELOLAAN SAMPAH yang BERKELANJUTAN.

 

     Jambore Indonesia Bersih dan Bebas Sampah tahun 2018, merupakan pelaksanaan Jambore ke-3 setelah pelaksanaan di Solo pada 2-4 September 2016 dan Banda Aceh pada 10-12 November 2017.

 

     Pelaksanaan Jambore Indonesia Bersih dan Bebas Sampah tahun ini digelar di Lapangan Kota Malang pada 13-15 September 2018 dengan mengangkat tema “Rembuk Solusi Pembiayaan Pembangunan dan Keberlanjutan Pengelolaan Persampahan”. Kegiatan ini menghadirkan 367 Peserta terpilih yang hadir dari 34 provinsi dan 22 narsumber.

 

    Beberapa aktivitas yang dilakukan dalam Jambore ini diantarnya: Talkshow bersama Pegiat Peduli Persampahan, Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Perusahaan, dan Lembaga Filantropi, Focus Group Discussion Tindak Lanjut 13 Isu Persampahan, Aksi Bersih-Bersih dan Jelajah Kearifan Lokal di Kampung Tematik pada World Clean Up Day, Deklarasi Hasil Rembuk Solusi Pembiayaan dan Keberlanjutan Pengelolaan Persampahan, Gala Dinner, Edukasi Bijak Sampah, Malam Kebersamaan, Pameran Hijau, Live Music dan Konferensi Pers.

ECORANGER DI BANYUWANGI

     EcoRanger adalah sebuah program yang fokus pada pembentukan Tim Keren di titik destinasi pariwisata Indonesia sebagai penjaga kepedulian kebersihan demi terwujudnya pengelolaan sampah dan pariwisata yang berkelanjutan. Tim Keren yang selanjutnya disebut Ranger akan mendapatkan berbagai keahlian guna memiliki lima kemampuan dasar seperti Berbagi Pengetahuan, Wirausaha, Memandu, Berorganisasi, dan Membangun Keberdayaan.

 

     Saat ini Banyuwangi menjadi daerah pilot project pelaksanaan Program EcoRanger. Di 2018 Tim Program Greeneration Foundation sudah melaksanakan beberapa tahap persiapan program, diantaranya Project Assessment dan Audiensi bersama pemerintah dan komunitas masyarakat setempat, khusunya di Pulau Merah yang menjadi lokasi utama pelaksanaan program EcoRanger di Banyuwangi. Pelaksanaan EcoRanger di Banyuwangi merupakan program kolaborasi anatara Greeneration Foundation bersama Coca Cola Indonesia.

OPERASI TANGKAP PLASTIK

     Program #OperasiTangkapPlastik merupakan program kepedulian lingkungan yang mengajak pertisipasi nelayan selaku masyarakat lingkungan pesisir dan lautan dalam mengatasi permasalahan sampah pesisir dan lautan.

 

     Program ini merupakan bagian dari konsep besar EcoRanger yang akan diaplikasikan diseluruh Kawasan Strategis Pariwisata Nasional. Target umum dari program ini adalah untuk mewujudkan pariwisata yang berkelanjutan dari segi pengelolan sampah dan turut berkontribusi dalam mengurangi jumlah sampah yang mencemari lingkungan pesisir dan lautan.

 

     Program #OperasiTangkapPlastik di Pulau Pramuka dan Pulau Panggang yang akan diimplementasikan mulai tahun 2018 merupakan program kolaborasi antara Greeneration Foundation dengan Akzonobel bersama pemangku kepentingan lainnya di Pulau Pramuka dan Pulau Panggang, antara lain  Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Suku Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kepulauan Seribu serta Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu.

 

     Aktor dalam program #OperasiTangkapPlastik adalah 15 nelayan lokal yang bermatapencaharian sebagai nelayan tangkap yang sudah ditentukan kriterianya. Melalui program ini nelayan terpilih yang disebut rangers dilibatkan dalam pengelolaan sampah pesisir dan perairan laut yang didapat selama mencari ikan.

 

     Dalam rentang tiga bulan, program ini berlangsung dengan lima siklus (aktivasi) kegiatan utama yakni workshop pengecatan kapal, seremonial aktivasi kolaborasi program, training waste managementtraining recycle organic waste, dan training recycle anorganic waste.

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERSAMA WIKASATRIAN

     Program Pengelolaan Sampah, Pemanfaatan Hasil dan Pengolahan Sampah di Desa Pasir Angin ini diinisiasi oleh Greeneration Foundation dan Wikasatrian. Program ini merupakan pemberdayaan masyarakat yang berfokus pada pengelolaan sampah.

 

     Program kolaborasi ini memiliki tujuan memberdayakan para pemuda lokal untuk berperan dalam menyelesaikan permasalahan sampah di wilayahnya dan menciptakan pengelolaan sampah yang mandiri.

 

     Beberapa kegiatan yang dilaksanakan diantaranya: Pelatihan tentang 5 Aspek Persampahan, Pelatihan Pemilahan Sampah,  Pelatihan Pengolahan Sampah Organik Menjadi Kompos, Pelatihan Pengolahan Sampah Anorganik Menjadi Barang Lebih Berguna.

AKSI BERSIH SERENTAK INDONESIA – PERINGATAN HARI HABTAT DUNIA 2018

     Aksi Bersih Serentak Indonesia dilaksanakan dalam memperingati Hari Habitat Dunia 2018. Bentuk kegiatan yang dilaksanakan pada “Aksi Bersih Serentak Indonesia” ialah kegiatan bersih-bersih yang dilakukan setiap hari selama 28 September 2018 – 3 Oktober 2018 di berbagai area, seperti daratan (jalan, pasar, terminal, perkantoran, permukiman, sekolah, fasilitas umum, fasilitas sosial, tempat ibadah), pantai, laut, sungai dan bantarannya.

 

     Aksi Bersih yang dilakukan selama 6 hari ini berhasil mengumpulkan peserta sebanyak 13.315 yang tersebar di 34 Provinsi di Indonesia dan berhasil dilakukan di 165 titik yang terdiri dari berbagai macam area yang disbutkan di atas. Kegiatan ini diinisiasi oleh Kementerian PUPR yang bekejasama dengan Greeneration Foundation. Dalam pelaksanaannya juga berkolaborasi bersama DLH setempat, PSPLP dan TPS3R. 

List Newsletter Selama 2018

 

Melalui List Newsletter ini Anda dapat mengetahui publikasi Newsleter Greeneration Foundation selama 2018 yang berisi berbagai kegiatan dan pencapain lainnya, list tersebut diantaranya:

 

  1. 1.   Kita sudah nyatakan sikap, Kamu kapan?
  2. 2.   Thank You for #EmpowerYourMarch 
  3. 3.   Call For Innovation
  4. 4.   GRATIS! Yuk Ikutan #SocMed4SocGood Bangka Belitung
  5. 5.   Thank You for Making #AprilForEarth
  6. 6.   Call For Vounteer 
  7. 7.   4 Hari Lagi, Pendaftaran Circular Economy Initiative Ditutup!
  8. 8.   Newsletter Greeneration Foundation – Juli 2018 
  9. 9.   Event Report – Circular Economy Forum 2018 
  10. 10. Newsletter Greeneration Foundation – September 2018 
  11. 11. Welcome November 2018
  12.  

Semoga berbagai informasi dan capaian yang kami publikasikan dapat terus menjaga kolaborasi dan dukungan yang selama ini sudah terbangun.

Spread the News

Share to Social Media

Share on twitter
Share on facebook
Share on linkedin
Share on pinterest

Support Organization

Support Specific Program

Berlangganan

* Diperlukan