Hari Ulang Tahun Asian

ASEAN (Association of South East Asian Nations) sudah menginjaki usia yang ke-51 tahun. Organisasi ini dibentuk oleh negara-negara di kawasan Asia Tenggara yang bertujuan untuk meningkatkan ekonomi, sosial, pendidikan, dan budaya di setiap negaranya. Tak hanya itu, ASEAN juga turut memperhatikan hubungan dan menjaga erat persatuan setiap negara anggota ASEAN.

Seiring berjalannya waktu, ASEAN banyak memperhatikan masalah-masalah di era global. Seperti permasalahan lingkungan, HAM, HIV/AIDS, Human Trafficking dan lainnya. Pada 2007 saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-13 di Singapura, Menteri Lingkungan Hidup se ASEAN telah sepakat mempriotaskan pembahasan isu-isu lingkungan hidup. Hal ini menjadi perhatian karena meningkatnya perubahan iklim dan kritis sumber-sumber daya alam di negara-negara ASEAN. Tak hanya itu, ASEAN juga di negara masing-masing mempromosikan enegeri alternatif seperti solar, hidro, angin, bio energi, dan energi panas bumi. Upaya ini dilakukan untuk mengurangi polusi transportasi dan polusi industri. Kemudian pada tahun 2013, Indonesia memimpin negara ASEAN dalam pertemuan IAMME (Meeting of the Informal Ministerial Meeting on Environment) yang membahas isu-isu lingkungan hidup. Tak hanya itu, Indonesia juga mendapat apresiasi atas konsep pembangunan lingkungan hidup. Konsep pembangunan tersebut juga akan dipakai oleh negara-negara ASEAN lainnya.

Hingga saat ini ASEAN masih terus mengembangkan program-program dan kebijkan untuk mengatasi permasalahan limbah dan lingkungan hidup. Karena jika masalah lingkungan ini tidak ditangani dengan benar maka akan berdampak serius. Semoga negara-negara ASEAN tetap konsisten menangani permasalahan ini mengingat juga Indonesia telah berkomitmen untuk mengurangi 30% limbah dan 70% sampah laut pada tahun 2025. Selamat ulang tahun ASEAN yang ke-51. Ayo kita dukung terus program lingkungan hidup ASEAN.

Support Organization

Support Specific Program

Berlangganan

* Diperlukan