Senang melihat makin hari makin banyak orang yang menyadari dampak buruk kegiatan manusia terhadap lingkungan. Kesadaran lingkungan ini sudah terlihat meningkat sejak satu abad yang lalu, dan terus memuncak selama dua dekade ini. Dapat dilihat dari gerakan peduli lingkungan yang cepat bertumbuh tiap tahunnya serta dukungan dari pemerintah berupa kebijakan pengelolaan sampah atau yang berpihak pada pola konsumsi dan produksi berkelanjutan. Selain itu, Generasi Hijau pasti juga sudah tahu tentang Sustainable Development Goals – 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan untuk masa depan global yang lebih baik. Melalui SDGs, PBB juga turut berkontribusi dalam meningkatkan kesadaran lingkungan masyarakat dunia.

SDG nomor 4: pendidikan berkualitas. (Sumber: IS Global)

17 poin SDGs saling berinterrelasi satu sama lain, yang artinya untuk mewujudkan satu poin kita akan bersinggungan dengan poin lain dan turut menimbulkan dampak baik. Misalnya, untuk menebarkan ‘virus’ less waste, berarti Generasi Hijau ikut menjalankan SDG nomor 4 tentang edukasi berkualitas, nomor 12 tentang konsumsi dan produksi berkelanjutan, serta nomor 13 tentang mengatasi krisis iklim.

Berdasarkan SDGs nomor 4, semua orang berhak mendapatkan kualitas pendidikan yang inklusif dan merata serta memiliki kesempatan belajar sepanjang hayat. Ini juga berarti berhak mendapat informasi tentang dampak buruk aktivitas manusia terhadap lingkungan, informasi pengelolaan sampah, atau tentang pola konsumsi dan produksi berkelanjutan. Secara keseluruhan, semua orang berhak memiliki level yang sama tentang kesadaran lingkungan.