Tips Menghabiskan Waktu #DiRumahAja Ala Generasi Hijau

Pada 27 Maret 2020, pemerintah mengumumkan bahwa terdapat 893 warga Indonesia yang terinfeksi positif virus corona (COVID-19) dengan 35 orang dinyatakan sembuh dan 78 orang meninggal. Untuk mengurangi penyebaran virus tersebut, pemerintah menghimbau masyarakat untuk menjaga jarak sosial atau social distancing dengan tetap beraktivitas di rumah hingga pandemi ini mereda. Melakukan aktivitas di rumah dalam jangka waktu yang lama memang terdengar seperti akan membosankan. Namun tanpa kita sadari bahwa berkurangnya aktivitas manusia di luar ternyata dapat memberikan dampak yang positif bagi lingkungan. Pengurangan jumlah kendaraan yang berada di perkotaan tentunya dapat mengurangi polusi udara yang selama ini mencemari lingkungan. Meskipun demikian, generasi hijau harus tetap berperilaku ramah lingkungan selama menjalani masa karantina di rumah. Berikut hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu karantina di rumah secara ramah lingkungan:

Kurangi pengeluaran sampah

Meskipun tinggal di rumah, kita harus tetap memperhatikan timbulan sampah yang kita produksi selama masa karantina. Mengurangi produksi sampah di rumah sangat penting karena sampah rumah tangga masih termasuk sampah yang paling banyak diproduksi di Indonesia. Oleh karena itu, mari kita kurangi penggunaan bahan-bahan yang tidak baik bagi lingkungan seperti sampah plastik. Selain itu, untuk mengurangi sampah organik, generasi hijau juga dapat mengompos sampah organik tersebut sehingga tidak mencemari lingkungan. 

Membuat prakarya dari bahan-bahan bekas

Tetap berada di dalam rumah dalam jangka waktu yang lama dapat menimbulkan kebosanan bagi beberapa orang. Rasa bosan tersebut dapat diatasi salah satunya dengan membuat prakarya dari bahan-bahan bekas. Selain menyenangkan, kegiatan ini tentunya dapat bermanfaat bagi lingkungan. 

Menonton film yang bertema lingkungan

Selain membuat prakarya, generasi hijau juga dapat mengisi waktu luang di rumah dengan cara menonton film edukatif yang memiliki pesan untuk lebih menjaga lingkungan. Dengan menonton film tersebut, kita dapat terhibur sekaligus terdorong untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Penasaran film apa saja yang memiliki tema tentang lingkungan? Yuk cek di sini.

 

Itu dia hal-hal yang bisa generasi hijau lakukan di rumah untuk bisa menjadi ramah lingkungan. Jangan lupa juga ya untuk selalu menjaga kebersihan dengan cuci tangan dan menjaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan sehat dan olahraga yang cukup.

 

Ditulis oleh: Siti Aisyah Novitri

Sebarkan Artikel

Bagikan ke Media Sosial​

Share on twitter
Share on facebook
Share on linkedin
Share on pinterest

Berlangganan

* Diperlukan