Bersama, Berkolaborasi dan Mengedukasi

Generasi Hijau,

Kolaborasi dan edukasi menjadi tema utama kegiatan kami bulan Maret ini. Bersamamu, bersama para mitra, Greeneration Foundation dapat memberikan dampak lebih luas, mencapai lebih tinggi. Telusuri perjalanan bulan Maret kami di sini.

Ikuti juga kami melalui kanal: InstagramFacebook,

 Twitter, YoutubeLinkedIn, dan Website.

Program Bantu Pemulung dan Petugas Persampahan Kembali Lagi

Melanjutkan program Bantu Pemulung dan Petugas Persampahan Aman dari COVID-19 yang menjangkau 7.127 pemulung dan petugas persampahan di 27 provinsi di Indonesia tahun lalu, Greeneration Foundation kembali melaksanakan program ini selama Maret 2021. Tahun ini, Greeneration Foundation mendapat dukungan dari World Economic Forum (WEF) dan Global Plastic Action Partnership (GPAP) untuk menyalurkan paket bantuan ke 10 titik wilayah di Indonesia.

Pelajari Tren Pola Konsumsi di Indonesia

Pada Februari, tim Research & Development Greeneration Foundation 

melakukan survei pola konsumsi masyarakat di Indonesia. Dengan 120 responden, kami mendapati beberapa pola menarik.

EcoRanger terus berupaya untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam memperluas dampak program. Pada 22-23 Maret 2021, Greeneration Foundation membawa program Eco Ranger untuk berkolaborasi dengan Program BISA (Bersih, Indah, Sehat, Aman) dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Melalui Focus Group Discussion (FGD) yang diadakan di Politeknik Pariwisata Bali, konsep EcoRanger dijadikan landasan penyusunan Logical Framework Analysis (LFA) program BISA. Program Eco Ranger yang berfokus pada pengelolaan sampah di destinasi wisata Indonesia selaras dengan tujuan yang ingin dicapai program BISA mengembangkan pariwisata berkelanjutan di Indonesia. FGD ini menghadirkan Sandiaga Uno selaku Menteri Parekraf RI dan kolaborator dari Divers Clean Action dan Parongpong.

Belajar tentang Sampah Makanan Melalui Buku Cerita Anak

Program Indonesian Children Care for the Environment diluncurkan pada 17 Maret 2021 lalu secara virtual. Dalam acara peluncuran tersebut, IKEA Indonesia yang diwakili Ririh Dibyono sebagai Food Commercial Manager IKEA Indonesia, Muhammad Fahrian Yovantra sebagai Head of Program Division Greeneration Foundation, dan Natasha Kindangen sebagai Project Officer Kedutaan Besar Swedia untuk Indonesia dan Timor-Leste berbagi tentang perjalanan program ini dan urgensi mengedukasi anak sedini. Selain itu, di kegiatan peluncuran program ini juga terdapat sesi bedah buku cerita anak Bana si Pisang Berjalan-jalan, dengan dihadiri oleh penulis buku: Tini Martini Tapran dan Kandi Sekarwulan, dan ilustrator buku: Nesia Anindita. Buku Bana si Pisang Berjalan-jalan merupakan buku cerita bergambar tentang perjalanan bahan makanan dari produksi hingga ke meja makan.

SERASI 9: Mengurangi Sampah Makanan dan Kebocoran Pangan dengan Mindful Eating

Pada 17 Maret 2021, Bebas Sampah ID bersama Komunitas Surplus mengadakan SERASI ke-9 yang bertema “Mengurangi Food Waste dan Food Loss dengan Mindful Eating”.

Food Sustainable Index pada tahun 2018 menyatakan bahwa setiap penduduk di Indonesia bisa membuang makanan sebesar 300kg per tahunnya. Dalam SERASI ke-9 ini, Bebas Sampah ID dan Komunitas Surplus membicarakan tentang apa yang bisa masyarakat lakukan untuk berperan dalam mengurangi sampah makanan di rumah. Tidak hanya itu, SERASI ke-9 juga mengadakan giveaway sebesar Rp300.000 untuk 6 orang pemenang yang mengupload resep kreasi dari sisa makanannya. 

Daftarkan Webinarmu di #PESAN2021

Potensi Kolaborasi The 4th Indonesia Circular Economy Forum 2021

Indonesia Circular Economy Forum (ICEF) merupakan acara tahunan ekonomi sirkular terbesar di Indonesia. Dalam acara ICEF, para pejabat tinggi dari pemerintah, perusahaan, akademisi, profesional dan pemangku kepentingan terkait lainnya akan berkumpul dan mengidentifikasi tantangan dan solusi dalam menerapkan ekonomi sirkular di Indonesia demi mempercepat transisi Indonesia menuju ekonomi sirkular. ICEF keempat yang akan diadakan tahun ini akan mengambil tema “Towards Smart and Sustainable Cities through Circular Economy: Building Resilience During COVID-19 Recovery” sebagai respon terhadap pandemi COVID-19 yang masih terjadi hingga saat ini.

Menjelang Main Event yang akan dilaksanakan pada bulan Juli, ICEF akan mengadakan rangkaian kegiatan selama 4 bulan ke depan dalam rangka menyambut acara puncak tersebut. Saatnya kalian mengambil peran aktif dalam penyelenggaraan acara ekonomi sirkular terbesar di Indonesia, ICEF membuka kesempatan bagi organisasi dan komunitas eksternal untuk berkolaborasi dalam penyelenggaraan acara ICEF. Mari jadi pelopor pergerakan Indonesia menuju ekonomi sirkular, daftarkan organisasi / komunitas kalian untuk berkolaborasi dengan ICEF!

Edukasi Ibu Rumah Tangga di 2 Lokasi Baru

Driving Refill Solution (DRS) sudah melakukan kegiatan edukasi secara online di dua lokasi baru, yaitu Kelurahan Manggarai dan Kelurahan Tebet Timur, Jakarta Selatan. Adapun terdapat total 154 orang dari Kelurahan Manggarai dan 160 orang dari Kelurahan Tebet Timur yang sudah mengikuti kegiatan edukasi secara online. Hingga Maret 2021 ini, total sudah terdapat 763 orang yang sudah teredukasi melalui Driving Refill Solutions, baik secara online maupun offline. Adapun rinciannya, yaitu 1) Bukit Duri (offline): 149 orang, 2) Manggarai Selatan (online): 155 orang, 3) Bukit Duri (online): 145 orang, 4) Manggarai (online): 154 orang, dan 5) Tebet Timur (online): 160 orang.

Selanjutnya, akan ada tiga lokasi baru yang akan dilaksanakan kegiatan edukasi online, yaitu Kelurahan Tebet Barat, Kelurahan Kebon Baru, dan Kelurahan Menteng Dalam pada bulan April – Mei 2021 nanti. Dengan demikian, nantinya seluruh Kelurahan di Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan sudah mendapatkan edukasi dari program Driving Refill Solutions ini.

Awarding Day Lomba Menulis Cerita Anak

Lomba Menulis Cerita Anak yang merupakan kolaborasi Citarum Repair dengan Unilever Indonesia menghasilkan 3 nama pemenang: Chiara Thidy Siregar, Mutiara Sya’bani, dan Athirah Diva Ardhani. Kegiatan ini ditutup dengan Awarding Day pada Jumat, 26 April 2021.

Sebarkan Artikel

Bagikan ke Media Sosial​

Share on twitter
Share on facebook
Share on linkedin
Share on pinterest

Berlangganan

* Diperlukan