Newsletter Greeneration Foundation – Juni 2020

Terima kasih, untuk selalu bersama kami…

Hai Generasi hijau, apa kabar?

Semoga selalu diberikan kesehatan di tengah pandemi yang belum usai ini.

Kami haturkan terima kasih, atas dukungan dan kerjasama yang sudah terjalin. Berbagai cerita dan pencapaian kami selama 1 bulan ke belakang terangkum dalam Newsletter Edisi Juni 2020. Terima kasih, untuk selalu bersama berupaya mewujudkan Indonesia yang lebih bersih dan berkelanjutan.

Jangan lupa untuk selalu update berbagai informasi terkini melalui media sosial kami: Instagram, Facebook, Twitter, Youtube, Linkedin, dan Website.

Terima kasih orang baik,

Sejak April 2020, Greeneration Foundation bersama Waste4Change menginisiasi galang dana untuk membantu petugas persampahan dan pemulung agar tetap aman di tengah pandemi Covid-19. Dalam pelaksanaannya kami berkolaborasi dengan Kitabisa.comBenihBaik.com serta 77 kolabolator di berbagai wilayah.

Hasil galang dana pada fase 1 sudah berhasil disalurkan kepada 761 penerima manfaat yang tersebar di 15 titik wilayah penyaluran. Laporan galang dana fase 1 dapat diakses di sini. Tidak berhenti di sana, per 1 Mei 2020 galang dana dilanjutkan ke fase 2. Hasil galang dana per 30 Juni 2020 ditargetkan dapat disalurkan kepada 1.250 penerima donasi di 18 titik wilayah penyaluran.

Berikut detail donasi, jenis donasi, dan sebaran wilayah penyaluran fase 2:

Rekaman Live Penyaluran Paket Donasi Fase 2 Dapat Disaksikan Melalui

Semarakkan Kolaborasi Bersama BebassampahID

BebasSampah.ID adalah platform nasional yang menggerakkan para pemangku kepentingan untuk berperan serta dalam mewujudkan Indonesia Bebas Sampah.

Juni ini, BebasSampah.ID meluncurkan event #SERASI atau Semarakkan Kolaborasi melalui live Instagram. Untuk #SERASI pertama, Bebas Sampah ID berkolaborasi dengan LautSehat.id mendiskusikan soal sampah lautan, yang dapat kamu bisa saksikan di sini. Menangkan pula merchandise untuk pemenang terpilih dengan mengikuti giveaway #SERASI.

Selain itu BebasSampah.ID juga sudah meluncurkan Fitur PerpustakaanKamu dapat membaca berbagai informasi seputar manajemen sampah Indonesia. Salah satunya adalah seri Panduan Strategi Perubahan Perilaku oleh Kemenkomar.

Berdasarkan adanya lonjakan kasus yang signifikan atas penyebaran virus Corona (Covid-19) di Indonesia, Greeneration Foundation bersama dengan PT Agung Concern telah memutuskan mengadaptasi kegiatan penandatanganan komitmen berkelanjutan Agung Concern bijak kelola sampah. Pelaksanaan kegiatan penandatanganan komitmen dilaksanakan secara offline oleh perwakilan komunitas lokal dan EcoRanger di masing-masing wilayah, serta disaksikan secara online oleh pihak Greeneration Foundation dan PT Agung Concern. Adapun pelaksanaan komitmen berkelanjutan pada Bulan Juni 2020 telah dilaksanakan di Provinsi Batam, pada tanggal 16 Juni 2020 pukul 13.00 – 14.00 WIB dan di Provinsi Bali pada 18 Juni 2020 pukul 14.00 – 15.00 WITA. Seluruh kegiatan dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Virtual Workshop Ecobrick

Berkolaborasi dengan Komunitas Ecobrick Bogor, EcoRanger mengadakan workshop online bertajuk “Ecobrick: Dari Polusi Jadi Solusi” pada 13 Juni 2020 melalui zoom. Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pengelolaan plastik di sumber. Workshop dilanjutkan dengan praktek pembuatan ecobrick yang dimonitoring selama 7 hari melalui grup WhatsApp. Sebanyak 63 peserta dari berbagai daerah di Indonesia telah mengikuti workshop ini.

 

Motivasi sebagian besar peserta yang mengikuti workshop ini adalah keinginan untuk belajar membuat ecobrick dengan benar, serta topik yang relevan dan aktual dengan permasalahan yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam beberapa tahun terakhir, ekonomi sirkular mendapat banyak momentum dan ketertarikan dari aktor-aktor seperti; pemerintah nasional, pemerintah lokal, perusahaan, yayasan dan institusi-institusi lainnya. Untuk menunjang gerakan ini, tim ICEF memiliki suatu inisiatif bernama National Commitment atau Komitmen Nasional.

 

National Commitment adalah dokumen yang diinisiasi oleh Indonesia Circular Economy Forum sebagai platform akselerasi untuk gerakan ekonomi sirkular di Indonesia. Institusi terkait berkesempatan untuk mengikrarkan komitmen mereka dalam menunjang gerakan ekonomi sirkular yang akan diterbitkan dengan skala Nasional. Dokumen ini mendukung Perpres 27/2017 yang menetapkan pengurangan sampah sebesar 30% dan penanganan sampah sebesar 75% di tahun 2025. Dokumen ini juga mendukung diterapkannya Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia.

Berdasarkan survei analisa yang dilaksanakan oleh UNDP, Indonesia memiliki 5 sektor potensial dalam melaksanakan gerakan ekonomi sirkular, yaitu; Makanan, Tekstil, Konstruksi, Retail dan Elektronik. Untuk menunjang gerakan ini, kamu bisa berpartisipasi mengisi survei yang tersedia dalam 2 bahasa.

 

Spread the News

Share to Social Media

Share on twitter
Share on facebook
Share on linkedin
Share on pinterest

Support Organization

Support Specific Program

Berlangganan

* Diperlukan