Newsletter Greeneration Foundation – September 2018

Newsletter Greeneration Foundation September 2018

Hai Generasi Hijau, terima kasih untuk selalu terhubung dengan kami. Kami senang bisa terus berbagi informasi dan pencapaian-pencapaian setiap bulan nya. Kamu juga bisa terus terhubung dengan kami dan mendapatkan informasi terbaru melalui berbagai kanal media sosial seperti InstagramFacebookTwitter, dan Youtube. Dan berikut ini adalah beberapa pencapaian dan kegiatan yang kami lakukan selama Agustus – September 2018:

JAMBORE INDONESIA BERSIH & BEBAS SAMPAH TAHUN 2018

Jambore Indonesia Bersih dan Bebas Sampah merupakan bagian dari usaha jangka panjang yang menjadi wadah berkumpulnya seluruh PENGGERAK yang PEDULI terhadap persoalan sampah di Indonesia demi tercapainya PENGELOLAAN SAMPAH yang BERKELANJUTAN.

 

Jambore Indonesia Bersih dan Bebas Sampah tahun 2018, merupakan pelaksanaan Jambore ke-3 setelah pelaksanaan di Solo pada 2-4 September 2016 dan Banda Aceh pada 10-12 November 2017.

 

Pelaksanaan Jambore Indonesia Bersih dan Bebas Sampah tahun ini digelar di Lapangan Kota Malang pada 13-15 September 2018 dengan mengangkat tema “Rembuk Solusi Pembiayaan Pembangunan dan Keberlanjutan Pengelolaan Persampahan”.

 

Pelatihan Rangers Wikasatrian

Mengelola Sampah Organik Menjadi Kompos

Tim Program Greeneration Foundation melakukan Training of Trainer atau Pelatihan kepada Rangers di RW 02 Desa Pasir Angin Kabupaten Bogor pada 18-19 Agustus 2018. Pada kesempatan ToT ini Tim Greeenartion memberikan pemahaman dan keterampilan kepada Rangers mengenai pengelolaan sampah organik menjadi kompos, Rangers yang dimaksud adalah warga di RW 2 yang tergabung dalam Program Pemberdayaan Masyarakat yang merupakan program kolaborasi antara Greeneration Foundation bersama Wikasatrian.

Training of Trainer selanjutnya digelar di Gedung Giri Wijaya, Wikasatrian, Bogor, Jawa Barat pada 22-23 September 2018 yang dihadiri oleh Rangers Desa Pasir Angin dan Petugas Kebersihan Wikasatrian. Dalam ToT ini peserta mendapatkan pemamparan materi tentang 5 Aspek Persampahan dalam menudukung Program Pemberdayaan Maysarakat dalam pengelolaan sampah di Desa Pasir Angin.

 

Training yang disampaikan langsung oleh Syir Asih Amanati selaku Cheif Program Officer Greeneration Foundation dan Ranitya Nurlita selaku External Engagement Manager Greeneration Foundation bertujuan untuk memberikan rekomendasi perbaikaan sistem persampahan yang sedang diujicoba oleh masyarakat di RW 03 Desa Pasir Angin, Bogor.

Pelatihan Rangers #OperasiTangkapPlastik – Kepulauan Seribu

Pelatihan mengenai pengelolaan sampah juga dilakukan oleh Tim Program Greeneration Foundation kepada para Rangers dalam Program #OperasiTangkapPlastik di Kepualaun Seribu.

Pelatihan yang dilakukan di Hutan Edukasi Rumah Hijau, Pulau Pramuka, Kep. Seribu Jakarta ini dibagi menjadi beberapa pelatihan. Pertama yaitu pelatihan terkait pengelolaan sampah secara umum (organik dan non organik) di kawasan perairan pesisir dan laut yang dilaksanakan pada 31 Agustus 2018.

Pelatihan kedua yaitu pelatihan mengenai pengelolaan sampah organik serta praktik daur ulang sampah organik menjadi kompos, kemudian di pelatihan ketiga Rangers diberikan pembekalan dan praktik dalam mengelola sampah non organik ekonomis berupa styrofoam yang didaurulang menjadi kerajinan tangan dalam bentuk lukisan yang dilakukan secara serentak pada 7 September 2018.

 

Terakhir pelatihan dan praktik pengelolaan sampah non organik ekonomis menjadi Ekobriks dan FGD penentuan alur pengangkutan sampah. Pelatihan ke emapt ini dipandu oleh PJLP Pesisir dan diselenggarakan pada 21 September 2018 di Aula Taman Nasional Kep. Seribu, Jakarta.

 

Kegiatan ini diikuti oleh 11 Rangers yang merupakan nelayan terpilih di Kepulauan Seribu dalam Program #OperasiTangkapPlastik. Program ini sendiri merupakan program kolaborasi antara Greeneration Foundation bersama Akzonobel.

 

Dalam pelaksanaan nya kegiatan ini bertujuan memberikan wawasan terhadap kondisi persampahan utamanya di daerah perairan pesisir dan laut, meningkatkan pengetahuan tentang pengolahan sampah secara umum (organik dan non organik) dan meningkatkan kesadaraan terhadap kebersihan lingkungan perairan pesisir dan laut.

Kota Medan menjadi kota ke-4 pelaksanaan Workshop #SocMed4SocGood yang diselenggarakan sepanjang tahun 2018. Tiga kota sebelumnya yaitu Banjarmasin, Bangka Belitung, dan Kota Ambon menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan sbelumnya, kemudian akan disusul oleh Kota Ternate sebagai kota pamungkas tuan rumah #SocMed4SocGood di tahun ini.

 

Sebanyak 150 pegiat media sosial hadir dalam kegiatan yang dilaksanakan di Aula LPPM USU Medan pada 29 September 2018 lalu. Dalam pelaksanaannya Greeneration Foundation memboyong teman-teman Sea Soldier Medan sebagai mitra lokal pelaksana.

Kegiatan yang mengusung tema “The Role of Millennials in Promoting Culture and Diversity Through Social Media” memberikan wawasan kepada peserta untuk mengoptimalkan penggunaan media sosial secara bijak dan positif, mampu memberikan wawasan untuk melawan hoax, dan berbagai kiat lain dalam mermedia sosial yang disampaikan oleh Akhyari Hananto selaku Founder and Chief Editor Good News from Indonesia atau yang lebih dikenal dengan GNFI.

 

#SocMed4SocGood merupakan program kolaborasi bersama antara Greeneration Foundation dengan Kedutaan Besar Amerika di Jakarta yang sudah berlangsung sejak tahun 2016.

Aksi Rangers Dalam World Clean Up Day 2018

Pada 15 September 2018 para Rangers, DLH DKI, Pemda Kep. Seribu, dan warga Kelurahan Pulau Panggang berpartisipasi dalam rangka World Clean Up Day 2018 dan acara tahunan Syukuran Laut Pulau Panggang. Dalam kegiatan ini seluruh partisipan menggunakan perahu nelayan menangkap sampah plastik yang berada di sekitar kepulauan sebagai bentuk aksi nyata menjaga kebersihan perairan Kepualauan Seribu.

Kegiatan Lain Yang Kami Lakukan Selama Agustus – September 2018

Youth Film Workshop

 

Vanessa Letizia selaku Direktur Eksekutif Greeneration Foundation memberikan materi tentang Permasalahan Sampah di Indonesia dalam Youth Film Workshop yang diselenggarakan oleh Embassy of Denmark, Danida Environmental Support Programme (ESP3) pada ’23 Agustus 2018 di Jakarta.

“Community Development:
Creative Fundraising”

 

Ranitya Nurlita selaku External Engagement Manager Greeneration Foundation berbagi pengetahuan tentang Creative Fundraising dalam kegiatan “Community Development: Creative Fundraising” yang diselenggarakan oleh Sebangsa pada 5 Oktober 2018 di Jakarta.

GBK Clean Up

 

Dalam rangka menyambut ASIAN GAMES 2018 dan World Clean Up Day 2018 Greeneration Foundation bersama WCUD Indonesia dan Indorelawan mengadakan GBK Clean Up.
Kegiatan bersih-bersih sekitar kawasan GBK yang dilaksanakan 12 Agustus ini menghadirkan ratusan relawan dari berbagai kalangan.

Spread the News

Share to Social Media

Share on twitter
Share on facebook
Share on linkedin
Share on pinterest

Support Organization

Support Specific Program

Berlangganan

* Diperlukan