[SIARAN PERS] Pengumuman Tuan Rumah Jambore Bebas Sampah Nasional 2017

Jakarta, 14 Agustus 2017

Panitia Nasional Jambore Bebas Sampah sudah memutuskan Banda Aceh sebagai tuan rumah terpilih untuk pelaksanaan Jambore Nasional Bebas Sampah Nasional yang akan dilaksanakan pada 10, 11, dan 12 November 2017. Terpilihnya Banda Aceh sebagai tuan rumah dalam perheletan tingkat Nasional para pegiat sampah di Indonesia ini tentunya melalui proses dan tahapan yang cukup panjang.

Tahapan seleksi tersebut diantaranya pertimbangan akses menuju lokasi termasuk didalamnya transportasi dan akomodasi, pengalaman calon tuan rumah dalam berkegiatan, reputasi, pengecekan berkas rencana anggaran biaya, berkas rencana rangkaian kegiatan,  potensi dukungan kolaborator, dukungan Pemerintah Pusat, Provinsi, Kota/Kabupaten, serta kesediaan bersama mencari dukungan verifikasi berkas menjadi bahan penilaian tim Steering Committee (SC) dan Organizing Committee (OC) Nasional.

Jambore #BebasSampah2020 merupakan tindak lanjut dari hasil deklarasi yang disepakati saat perhelatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) pada 21 Februari 2016 lalu.  Kegiatan ini merupakan bagian dari usaha jangka panjang yang menjadi wadah berkumpulnya seluruh penggerak yang peduli terhadap persoalan sampah atau para pegiat isu persampahan di Indonesia tanpa adanya kepentingan Suku, Agama, Ras, Golongan dan Politik (SARAP) apapun demi tercapainya pengelolaan sampah yang berkelanjutan. Jambore Nasional #BebasSampah2020 ini merupakan pelaksanaan Jambore ke-2 setelah pelaksanaan perdana berhasil dilaksanakan di Solo, Jawa Tengah, pada 2-4 September 2016 lalu yang dihadiri oleh 234 peserta dari 22 provinsi di Indonesia.

“Jambore nasional #bebassampah2020 tahun 2017 ini akan di laksanakan di Banda Aceh, setelah tahun kemarin dilaksanakan di kota Solo, Jawa Tengah. Jambore ini akan menjadi tempat berkumpulnya para pegiat lingkungan se-Indonesia khususnya pegiat dalam isu persampahan untuk bertatap muka, berdiskusi, berbagi cerita tentang keresahan-keresahan yang dialami di masing-masing daerah, serta membangun semangaat dan solusi untuk terus bergerak melangkah maju bersama-sama menuju Indonesia #BebasSampah2020” Ujar Latansa yang akrab dipanggil Sasa, Selaku Koordinator Nasional Jambore Bebas Sampah 2017.

Seperti yang disampaikan Sasa, Tujuan Jambore ini yakni sebagai forum komunikasi nasional untuk menjaga semangat dan mempererat tali silahturahmi antar kolaborator yang peduli terhadap isu persampahan dari seluruh Indonesia. Mendata dan mengaktifasi titik-titik penggiat di masing-masing wilayah agar memiliki pesan yang sama. Sebagai sarana pertukaran informasi, pengalaman dan pembelajaran dalam mengatur rencana aksi bersama untuk percepatan pengelolaan persampahan di Indonesia. Adanya keterlibatan aktif dalam menindaklanjuti, mewujudkan dan mengawal rumusan 13 isu persampahan dalam Jambore #BebasSampah2020 lalu dan Deklarasi Indonesia Bebas Sampah 2020. Serta mensosialisasikan penggunaan platform http://BebasSampah.ID dan http://bergerak.bebassampah.ID yang dapat diakses oleh publik.

Target peserta Jambore Nasional #BebasSampah2020 tahun ini diharapkan mewakili  34 propinsi di Indonesia yang terdiri dari 5 aktor perubahan, diantaranya: masyarakat sipil, pemerintah, swasta, media dan tokoh masyarakat, dengan estimasi 1000 peserta dan relawan.

Bentuk kegiatan utama jambore tahun ini diantaranya forum lintas pemangku kepentingan dan para pakar, diskusi roadmap percepatan menuju Indonesia #BebasSampah2020, persiapan HPSN 2018 serta rencana aksi tindak lanjut yang dapat dilakukan masing-masing partisipan. Adapun rangkaian tambahan yakni berupa jelajah kearifan lokal, malam kebersamaan dan penganugerahan, pameran hijau, konferensi pers, kerja bakti dan bakti sosial, laporan HPSN 2017, peluncuran Green Pages 2017, serta pengajuan tuan rumah Jambore 2018.

Kegiatan ini sangat menjunjung kesejajaran semua pihak dalam berkolaborasi dan berperan aktif sebagai sesama masyarakat di Indonesia serta dalam mengawal integritas, akuntabilitas dan pertanggungjawaban. Kepada seluruh pegiat persampahan di Indonesia, mari bersiap dan berpartisipasi dalam Jambore #BebasSampah 2017 sebagai upaya menjaga lingkungan demi generasi mendatang yang lebih baik.

Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi:

1. National Media Coordinator: Saepul Hamdi | saepul(at)greeneration(dot)org | +62 813 2066 40642.

2. Secretariat: Safira Azzahra | safiraazzahra92(at)gmail(dot)com | + 62 896 3547 4891 3.

3. Email: media.bebassampah2020@gmail.com atau bebassampah2020@gmail.com

Platform Aktor Persampahan Nasional: http://bergerak.BebasSampah.ID 

Platform Aset Persampahan Nasional: http://www.BebasSampah.ID

Spread the News

Share to Social Media

Share on twitter
Share on facebook
Share on linkedin
Share on pinterest

Support Organization

Support Specific Program

Berlangganan

* Diperlukan