Di Tengah Pandemi, Greeneration Foundation Kembali Berhasil Menyalurkan Paket Bantuan ke 1000 Pemulung dan Petugas Persampahan

Penyerahan paket bantuan di Banjarmasin, 28 Maret 2021. (Sumber: dok. FKH & PHD Banjarmasin)

Kelokan jalan berkerikil semakin mendaki, bersamaan dengan temperatur yang semakin menurun. Waktu baru menunjukkan pukul tujuh, namun rombongan tim Greeneration Foundation dan komunitas Bersama Bermanfaat telah bertolak meninggalkan Kota Bandung menuju Lembang yang menggigil. Mendekati destinasi, jalan yang dilalui menyempit melewati pemukiman dan perkebunan, hingga terlihatlah, dari kejauhan, sebuah kubah kekuningan.

Destinasi mereka Sabtu (27/3) itu adalah Imah Noong, sebuah kampung edukasi wisata astronomi yang terletak di Kampung Areng, Desa Wangunsari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Namun, kunjungan mereka kali ini bertujuan bukan untuk mengobservasi benda langit, melainkan untuk menyalurkan paket bantuan COVID-19.

Ya, 2020 telah berlalu, tapi pandemi COVID-19 di Indonesia masih belum berakhir. Tidak hanya berdampak terhadap kesehatan dan perekonomian, pandemi ini juga telah memberikan dampak yang nyata terhadap sektor persampahan. Meningkatnya sampah infeksius yang bercampur dengan sampah rumah tangga di TPA membuat nasib pemulung dan petugas persampahan menjadi semakin rentan terpapar virus.

Dalam menanggapi permasalahan tersebut, Greeneration Foundation berusaha untuk memberikan paket bantuan kepada pemulung dan petugas persampahan di berbagai titik wilayah di Indonesia melalui upaya penggalangan dana dan sponsor. Tahun ini, Greeneration Foundation mendapatkan dukungan dari World Economic Forum (WEF) dan Global Plastic Action Partnership (GPAP).

Paket bantuan yang diberikan terdiri dari Alat Pelindung Diri (APD), sembako, dan alat kebersihan (hygiene kit). Selain itu, kami juga memberikan modul edukasi COVID-19 sebagai media sosialisasi mengenai upaya pencegahan COVID-19 yang bisa dilakukan oleh pemulung dan petugas persampahan. Dalam proses pelaksanaannya, kegiatan penyaluran dan sosialisasi ini dibantu oleh mitra lokal melalui metode door to door dan physical distancing. Kegiatan ini tentunya dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan sosialisasi pencegahan COVID-19 di Bandung Barat, 27 Maret 2021. (Sumber: dok. Greeneration Foundation)

Di Bandung, program penyaluran bantuan dan sosialisasi ini disambut baik oleh para penerima manfaat. Para pemulung dan petugas persampahan datang ke Imah Noong tepat waktu. Mereka mencuci tangan di pintu masuk, menerima paket bantuan, lalu duduk di kursi yang telah disusun dengan jarak 2 meter. Acara pun dimulai dengan adanya sambutan serta edukasi tentang risiko COVID-19 dan cara menanganinya.

“Acara dan bantuan yang diberikan sangat bermanfaat untuk saya, semoga ilmu yang didapatkan tentang COVID-19 bisa saya terapkan. Terima kasih Greeneration Foundation dan WEF,” tutur Ibu Yeti, salah satu penerima manfaat dalam kegiatan penyaluran paket bantuan.

Sumardi selaku buruh tani dan petugas kebersihan juga menyambut baik kegiatan penyaluran paket bantuan ini. “Bantuan yang diterima sangat bermanfaat untuk saya, alhamdulillah. Terima kasih kepada Greeneration Foundation dan juga WEF untuk bantuannya. Semoga kegiatannya lancar selalu,” tuturnya.

Jawa Barat menjadi satu dari sepuluh titik wilayah yang disambangi Greeneration Foundation dengan mitra lokal untuk penyaluran bantuan. Sembilan titik wilayah lainnya adalah Kabupaten Malang dengan mitra lokal TPST 3R Mulyoagung, Kota Malang dengan Garda Pangan, Kota Surabaya dengan Garda Pangan, Banyuwangi dengan Eco Ranger, Kabupaten Gianyar di Bali dengan Griya Luhu, Banjarmasin dengan Forum Komunitas Hijau (FKH) dan Perkumpulan Hijau Daun (PHD) Kota Banjarmasin, Balikpapan dengan PPMI Balikpapan, Kota Kendari dengan Pepelingasih Indonesia, dan Pekanbaru dengan Pepelingasih Riau.

Kami selalu percaya bahwa dengan kekuatan kolaborasi, kita bisa melalui kesulitan di tengah pandemi ini bersama-sama. Semoga paket bantuan dan sosialisasi yang diberikan dapat bermanfaat bagi para penerima manfaat. Generasi Hijau juga bisa membantu meringankan pekerjaan pemulung dan petugas persampahan dengan menggunakan masker guna ulang dan memilah sampah di rumah.

Sebarkan Artikel

Bagikan ke Media Sosial​

Share on twitter
Share on facebook
Share on linkedin
Share on pinterest

Berlangganan

* Diperlukan